Tuesday, March 29, 2011

Kreativitas Logo Gunadarma


Ini adalah logo yang saya buat dalam memenuhi tugas mata kuliah Pemrograman Multimedia. Tugas yang mengharuskan mahasiswa Gunadarma membuat kreativitasnya dalam membuat logo untuk menyambut ulang tahun Universitas Gunadarma yang ke-30 tahun. Walaupun saya tidak turut serta dalam perlombaan logo namun ini menjadi tugas mata kuliah Pemrograman Multimedia yang memberikan nilai tugas individu masing-masing mahasiswa. Baiklah nggak usah basa-basi lagi berikut keterangan maksud dan arti dari Logo yang saya buat ini.



      Logo di atas merupakan contoh redesain dari logo lama universitas gunadarma. Kesan yang di timbulkan logo tersebut mencerminkan lambang masa depan dengan desain yang modern dan tidak kaku di bandingkan tampilan logo sebelumnya. Secara keseluruhan dengan kesederhanaan dan tampilan yang modern logo ini yang menjadikannya mudah di ingat dan di kenal.

            Visual logo tersebut Merupakan gambaran dari masa depan,ambisi,ilmu pengetahuan,  kejujuran hati serta keteguhan hati yang di junjung tinggi. Untuk menjadikan universitas yang tidak hanya berawal dari mencari ilmu dan ambisi tetapi juga harus di ikuti dengan hal yang terpenting yaitu sebuah kejujuran hati yang dapat membawa sebuah nama menjadi bisa di banggakan dan membawa  manfaat di hari kedepannya.

Visi: universitas gunadarma adalah “ Menjadi Universitas berbasis Teknologi Informasi yang terkemuka di Indonesia.”
Misi: “Memberi kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkesinambungan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat, menyumbangkan pendidikan yang bermutu tinggi pada masyarakat sebagai sarana untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, professional, kompeten dan sesuai dengan kebutuhan bangsa untuk saat ini dan yang akan datang, memainkan peranan penting dalam ilmu yang berbasis teknologi informasi dan pengembangan teknologi, memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pengenalan, pengalihan dan penyebaran ilmu pengetahuan yang relevan untuk mencapai kualitas standar nasional dan internasional perguruan tinggi dengan berfokus pada integrasi Teknologi Informasi dalam setiap aspek kehidupan manusia.”
 

 
Penjabaran Komponen Logo :

Seperti yang terlihat di samping adalah komponen logo berbentuk Huruf “G” yang merupakan inisial dari nama universitas. Dengan tampilan garis tegas yang mencerminkan kepercayaan diri. Warna ungu mencerminkan aspirasi,ambisi untuk menjadi terdepan dan segudang ilmu pengetahuan.










 Lingkaran Ungu dengan warna putih dan biru didalamnya mengvisualisasikan bahwa ilmu pengetahuan dan loyalitas sebagai lingkaran biru, di ikuti dengan warna putih di luarnya mengartikan bahwa ilmu pengetahuan harus di balut dengan kejujuran hati dan warna ungu di luar merupakan kepercayaan yang dalam hingga di dalam mencari sebuah ilmu kita tidak akan terseret dengan hal – hal yang buruk/jelek di kedepan hari.      






Merupakan Komponen logo berbentuk Huruf  “D” yang merupakan inisial kedua dari nama universitas. Dengan tampilan huruf yang berwana abu – abu  merupakan gambaran dari sebuah kualitas yang porfesional. 
Font yang dipakai merupakan  jenis  “OCR A extended” dimana font ini mencerminkan tampilan modern dan warna yang di gunakan di font mencerminkan kedewasaan dan ketegasan.
 
Nah....itu penjabarannya dan untuk softwarenya, saya menggunakan Adobe Ilustrator CS 4 dan Photoshop CS 2. Sekian dan terimakasih telah membaca sampai selesai.


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...