Thursday, February 24, 2011

Sejarah Gunadarma

  
Gunadarma, ya itulah universitas tempat saya kuliah saat ini. Sebenarnya dulu saya tidak tahu ingin melanjutkan ke universitas mana setelah lulus SMA nanti tapi karena saudaraku ada yang kuliah disana, jadi saya pikir kuliah disana aja nantinya, biar bisa nanya-nanya tentang tugas kuliah :). Dan sekarang saya ingin memberikan sedikit info tentang perjalanan sejarah Gunadarma khususnya buat para mahasiswa Gunadarma sendiri. Mungkin kebanyakan dari teman-teman yang kuliah di Gunadarma belum tau banyak perjalanan sejarahnya seperti apa, jadi kalau mau tau, di baca terus yah sampai selesai. hehe....

Kenapa saya menulis artikel tentang ini karena, di awali dari dosenku yang menyuruh untuk membuat tugas kuliah yaitu membuat "logo gunadarma". Nah....dari situlah saya mulai mencari tau sejarahnya terlebih dahulu agar bisa mendapatkan ide-ide dalam pembuatan logo nanti (logonya dibuat bebas sesuai imajinasi masing2). Akhirnya ketemu juga artikelnya dari salah satu dosen gunadarma dan berikut coretan tulisannya, CEKIDOT.

Inilah lambang dari Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI)

Lambang ini resmi digunakan pada tahun 1983, setelah mahasiswa-mahasiswa Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) telah duduk di tahun ketiga. Lambang ini diciptakan oleh rekan kuliah saya (Angkatan 1981) yang bernama Farzuki Jalius (dipanggil dengan Juki) yang kebetulan memiliki hobi fotografi dan desain grafis. Lambang ini merupakan lambang yang berhasil memenangkan lomba yang dilakukan pihak kampus kepada seluruh mahasiswanya.

Lambang utama terdiri dari 5 buah kartu berlubang (puch card) yang pada awalnya (1960 - 1970an di Indonesia) digunakan sebagai media memasukkan data atau program ke dalam komputer dan mencetak hasil kerja komputer. Jadi, jika kita ingin mengetik program, maka program itu kita ketik dengan cara melubangi kartu-kartu tersebut dengan mesin punched card. Selanjutnya kartu-kartu tersebut disusun sesuai urutannya ke mesin pembaca kartu (card reader). Selanjutnya program tersebut dieksekusi oleh komputer dan hasilnya, kembali dicetak ke kartu-kartu (baru) dengan cara melubanginya melalui punced card machine. Hasil kinerja komputer (report) tersebut silakan dibaca secara langsung atau dibaca terlebih dulu oleh card reader machine.

Jika susah membayangkan, maka cara lain yang bisa dikonotasikan serupa dengan itu adalah ‘membuat film kartun’ di mana setiap detik penayangan merupakan pengalihan secara cepat 30 gambar asli. Jadi, untuk membuat perintah “READ ALAS” di program, dibutuhkan 9 buah kartu + 1 kartu untuk perintah “Enter”. 

Untunglah ASKI segera berubah menjadi (sekarang) Universitas Gunadarma dan lambang utamanya adalah cawan obor dengan api yang menyala-nyala yang diciptakan oleh Prof. Dali S. Naga. Kenapa untung ?, karena kalau masih menggunakan lambang ‘punch card’ orang akan bilang “Universitas Jadul” alias jaman dulu atau “Universitas Purba Kala” karena orang tak lagi mengenal apa itu ‘punch card’. Apa cocok kalau punch cardnya diubah menjadi flash disc ?? 

Nah...itulah awal cerita berdirinya gunadarma dan logo pertamanya. Apa sudah selesai artikelnya???
Eeiittsss...tunggu dulu, artikel diatas baru awal perjalanan dan ini dia akan saya jabarkan sedikit sejarah Gunadarma sampai sekarang. Simak kembali yaa...yaa...yaa. Cekidot.

Beberapa perjalanan historis Universitas Gunadarma dalam kurun waktu seperempat abad:
1. Jumat, 7 Agustus 1981 Pendirian Pusat Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK).
2. Senin, 10 Agustus 1981 Kuliah perdana mahasiswa PPIK.
3. Jumat, 9 September 1983 PPIK diubah status dan namanya menjadi Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI).
4. Senin, 9 Juli 1984 Nama Yayasan Pendidikan Gunadarma dicanangkan.
5. Selasa, 10 Juli 1984 ASKI diubah status dam namanya menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG).
6. Selasa, 14 Agustus 1984 Ijin Operasional Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) diperoleh.
7. Jumat, 28 September 1984 Wisuda Sarjana Muda pertama.
8. Sabtu, 9 Maret 1985 Peletakan batu pertama pembangunan Kampus D.
9. Sabtu, 5 Oktober 1985 STKG yang berubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma memeroleh status “Terdaftar“.
10. Senin, 5 Januari 1987 Peresmian penggunaan Kampus D.
11. Selasa, 13 Januari 1987 Sidang Sarjana (S1) pertama.
12. Sabtu, 24 Januari 1987 Wisuda Sarjana (S1) pertama.
13. Selasa, 16 Juni 1987 Ujian Negara Cicilan pertama.
14. Senin, 4 Januari 1988 Program Studi Manajemen Informasi (MI) dan Teknik Komputer (TK) memeroleh status “Diakui” 15. Selasa, 4 Juli 1989 Program Studi Teknik Informatika (TI) dibuka.
16. Sabtu, 12 Agustus 1989 Program Studi Manajemen Informasi (MI) dan Teknik Komputer (TK) memeroleh status “Disamakan”.
17. Kamis, 7 September 1989 Program Studi Teknik Informatika (TI) memeroleh status “Terdaftar”.
18. Sabtu, 13 Januari 1990 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) berdiri.
19. Kamis, 8 Feuari 1990 Peresmian penggunaan Kampus Salemba 53.
20. Kamis, 16 Juni 1990 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) memeroleh status “Terdaftar”.
21. Kamis, 28 Maret 1991 Peletakan batu pertama pembangunan Kampus E.
22. Rabu, 19 Juni 1991 Program Studi Teknik Informatika (TI) memeroleh status “Diakui”.
23. Selasa, 17 September 1991 Peresmian penggunaan Kampus E.
24. Kamis, 20 Feuari 1992 Program Studi Teknologi Informasi (TI) memeroleh status “Disamakan”.
25. Senin, 10 Mei 1993 Program Magister Manajemen dan Magister Manajemen Sistem Informasi dibuka.
26. Jumat, 24 September 1993 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) memeroleh status “Disamakan”.
27. Rabu, 3 April 1996 Universitas Gunadarma (UG) berdiri.
28. Selasa, 11 Agustus 1998 Program Studi Teknik Informatika (S1) memeroleh peringkat akreditasi A dari BAN-PT.
29. Selasa, 3 Agustus 1999 Program Magister Teknik Elektro dibuka.
30. Jumat, 10 Maret 2000 Program Doktor Ilmu Ekonomi dibuka.
31. Rabu, 22 Mei 2002 Program Magíster Sastra, Magíster Psikologi, dan Magíster Sipil dibuka.
32. Senin, 17 Juni 2004 Program D3 Kebidanan dibuka.
33. Kamis, 13 September 2004 Peresmian penggunaan Kampus J.

Keberadaan dan perkembangan Universitas Gunadarma sampai saat ini merupakan keberhasilan penerapan prinsip otonomi perguruan tinggi di tingkat institusi. Prinsip otonomi ini menjadi landasan utama dalam penyelenggaraan pendidikan di Universitas Gunadarma dengan tetap mengikuti perkembangan eksternal, khususnya kebijakan, peraturan dan perundangan yang berlaku. Selain itu, perjalanan yang relatif panjang tersebut juga menunjukkan kepemimpinan yang teruji dan luwes dalam menghadapi berbagai perubahan dan kebijakan yang terkait dalam pengelolaan perguruan tinggi. Kepemimpinan dan sistem pengelolaannya mengacu kepada tata kelola universitas yang baik (good university governance) yang telah ditetapkan.
ARTI LAMBANG GUNADARMA


Tangkai obor berdiri tegak: Melambangkan keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada nusa dan bangsa.
Cawan obor yang melebar dan cekung: Adalah wadah dari ilmu pengtahuan yang luas dan mendalam.

Kobaran api yang kuning keemasan: Menunjukan semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat.
Bentuk lingkaran yang berwarna ungu: Adalah suatu bentuk yang geometris yang member cirri paa ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan.
Bingkai segi lima: Menyatakan bahwa universitas gunadarma berazaskan pancaila.

Nah....sudah tau kan sekarang perjalanan kampus Gunadarma. Akhir kata terimakasih telah membaca sampai selesai.


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...